Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara Dibangun di Indonesia, Investasi Capai Belasan Triliun Rupiah

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proses groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang Provinsi Jawa Barat (15/9).

Pada kesempatan itu Jokowi didampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi /Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

baca juga: Tak Terdampak Pengutan Dolar AS, Harga Emas Dunia Stabil

"Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim hari ini groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT. HKML Battery Indonesia, saya nyatakan dimulai," katanya, Rabu (15/9/2021).

Jokowi menyebut bahwa pabrik baterai kendaraan listrik ini tidak hanya pertama di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara. Nilai investasinya pun mencapai USD 1,1 miliar (Rp15,675 triliun dengan kurs Rp14.250 per USD).

baca juga: Transaksi Selasa Pagi, IHSG Kembali Bergerak Menguat

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia. Bahkan pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi USD 1,1 miliar," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pembangunan pabrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri. Menurutnya era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir.

baca juga: Emas Dunia Menguat Tipis Awal Pekan Ini

"Dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi, masuk ke industrialisasi menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi,"pungkasnya.

Editor: Eko Fajri