Pekan Terakhir September, IHSG Dibuka di Zona Merah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di awal pekan terakhir September ini dibuka di zona merah. IHSG turun ke level 6.141 dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan lalu diposisi 6.144.

Dilansir dari data RTI, Senin (27/9/2021), IHSG diawal pra perdagangan dibuka turun tipis 3,3 basis poin atau melemah 0,05 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib laju IHSG mencoba merangkak naik ke level 6.149. Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka melemah pada awal pra perdagangan indeks ini turun 1,4 basis poin atau melemah 0,17 persen di posisi 864.

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 21 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 78 miliar dan volume transaksi mencapai 3,3 ribu kali. Sebanyak 213 saham menguat, 68 saham melemah dan 217 saham belum ditransaksikan.

baca juga: Turun Tipis Jelang Akhir Pekan, Emas Batangan Dijual Rp 926 Ribu Per Gram

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG masih akan berada dalam fase konsolidasi wajar. "Dikarenakan masih minimnya sentimen yang dapat mendorong kenaikan IHSG hingga jelang berakhirnya kuartal III/2021," kata William dalam analisanya.

Sementara itu, para investor asing terlihat mulai mencatatkan pertumbuhan capital inflow yang kembali pada pasar modal Indonesia. "Hal ini tentunya mulai menunjukkan kepercayaan para investor terhadap pasar modal Indonesia sehingga momentum tekanan masih dapat terus dimanfaatkan oleh investor baik jangka pendek, menengah, maupun panjang," paparnya.

baca juga: Nilai Ekspor Melejit, BPS: Meningkat 47,64 Persen dari Tahun Lalu

Editor: Ramadhani