Jelang Akhir Pekan IHSG Dibuka Melamah, Berpotensi Terus Tertekan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Harga Saham Gabungan (IHSG) jelang akhir pekan ini dibuka melemah. IHSG terpantau turun ke level 6.269 dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di posisi 6.286.

Dilansir dari data RTI, Jumat (1/9/2021) IHSG turun 17 basis poin atau melemah 0,28 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib laju IHSG masih terus tertekan dengan melemah hingga posisi 6.262 atau terkoreksi 24 basis poin.

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka melemah, pada awal pra perdagangan indeks ini turun 3,6 basis poin atau melemah 0,41 persen ke level 891. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 39 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 108 miliar dan volume transaksi mencapai 6 ribu kali.

Sebanyak 70 saham menguat, 76 saham melemah dan 151 saham belum ditransaksikan. CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pergerakan IHSG di awal bulan Oktober ini masih akan menguat.

baca juga: Tak Banyak Berubah, Emas Batangan Dijual Rp 933 Ribu Per Gram

"Rilis data perekonomian dari dalam negeri seperti tingkat inflasi yang diperkirakan dalam stabil, akan mewarnai pergerakan IHSG hari ini," kata William dalam analisanya.

Dia mengatakan potensi tekanan dalam jangka pendek masih cukup besar, maka momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

Editor: Ramadhani