Dolar AS Melemah, Harga Emas Dunia Menguat Lagi

Emas
Emas (net)

KLIKPOSITIF - Melemahnya dolar AS membuat harga emas dunia kembali menguat. Penurunan dolar dan imbal hasil obligasi AS memberikan beberapa dukungan terhadap logam mulia tersebut.

Pada pasar spot emas naik 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 1.767,91 dolar AS per ounce pada pukul 01.26 GMT. Emas berjangka AS juga menguat 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 1.769,60 dolar AS per ounce. Mendukung emas dengan membuatnya lebih murah untuk pembeli dalam mata uang lain, dolar turun 0,1 persen dan mendekam di dekat posisi terendah kisaran baru-baru ini.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang dijadikan acuan juga melemah, mengurangi peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Pada Jumat (15/10/2021) lalu, data menunjukkan produksi pabrik AS turun terbesar dalam tujuh bulan pada September, karena kekurangan semikonduktor global yang berkelanjutan menekan produksi kendaraan bermotor, bukti lebih lanjut bahwa kendala pasokan menghambat pertumbuhan ekonomi . Bank sentral Australia mengatakan merebaknya varian Delta COVID-19 telah mengganggu pemulihan ekonomi negara itu.

baca juga: Investor Tak Lagi Khawatir Covid-19 Varian Omnicron, Harga Minyak Dunia Terus Menguat

Sementara survei reguler bank sentral Kanada (BoC) terhadap perusahaan-perusahaan pada Senin (18/10) mengantisipasi permintaan yang lebih kuat karena COVID-19 memudar, mereka juga mengatakan kendala pasokan saat ini dapat membatasi penjualan dan memberi tekanan pada biaya. Emas sering dianggap sebagai lindung nilai inflasi, meskipun pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil

Editor: Ramadhani