Masuki Akhir Pekan, IHSG Bergerak di Zona Merah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jelang akhir pekan ini IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) dibuka di zona merah ke level 6.620 dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di posisi 6.632.

Dilansir dari data RTI, Jumat (22/10/2021), IHSG diawal perdagangan dibuka melemah 0,19 persen atau turun 12,3 basis poin. Setelah dibuka tepat laju IHSG makin terus merangkak turun 21 basis poin hingga level 6.611 atau telah melemah 0,32 persen sebesar 0,70 persen.

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan dibuka ke zona hijau, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 6,3 basis poin atau melemah 0,66 persen ke level 961. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 37 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 120 miliar dan volume transaksi mencapai 5,6 ribu kali.

Sebanyak 133 saham menguat, 130 saham melemah dan 205 saham belum ditransaksikan. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pola pergerakan IHSG masih menunjukkan sedang melalui rentang konsolidasi wajar sebelum dapat melanjutkan kenaikan jangka pendeknya. "Rekor tertinggi sepanjang masa IHSG terlihat belum mampu diraih dikarenakan masih minimnya sentimen yang dapat membooster kenaikan IHSG," kata William dalam analisanya.

baca juga: Tak Banyak Berubah, Emas Batangan Dijual Rp 933 Ribu Per Gram

Namun kata dia capital inflow terlihat mulai kembali masuk ke dalam pasar modal Indonesia, sehingga jika terjadi fluktuasi harga para investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian. Adapun hari ini IHSG berada dalam range 6472 - 6691. Berikut adalah menu saham pilihan analis yakni TLKM, BBNI, GGRM, AALI, JSMR, AKRA dan ROTI.

Editor: Ramadhani