Transaksi Kamis Pagi, IHSG Bergerak Masuki Zona Merah

ilustrasi
ilustrasi (nt)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pembukaan pra perdagangan pagi ini bergerak di zona merah. Dilansir dari data RTI, Kamis (28/10/2021), IHSG diawal pra perdagangan dibuka turun 23 basis poin atau melemah 0,36 persen.

Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib laju IHSG terus merangkak turun hingga level paling bawah 6.562. Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka melemah pada awal pra perdagangan indeks ini naik 5,51 basis poin atau 0,58 persen ke posisi 951. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 16 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 64 miliar dan volume transaksi mencapai 3 ribu kali.

baca juga: Investor Tak Lagi Khawatir Covid-19 Varian Omnicron, Harga Minyak Dunia Terus Menguat

Sebanyak 179 saham menguat, 218 saham melemah dan 167 saham belum ditransaksikan. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, kurangnya sentimen yang dapat mem-booster kenaikan IHSG serta kondisi perlambatan perekonomian masih akan terus memberikan pengaruh terhadap kinerja emiten hingga beberapa waktu mendatang.

Namun, untuk jangka panjang masih terlihat bahwa perbaikan perekonomian akan terjadi dalam tempo cepat atau lambat sehingga dapat kembali mendorong kenaikan IHSG dalam jangka panjang. "Perkembangan pergerakan IHSG terlihat masih akan berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan potensi tekanan yang masih terlihat lebih besar dibanding dengan keinginan naiknya," ujar William dalam risetnya, Kamis (28/10/2021).

baca juga: Infrastruktur Merata, Investasi di Luar Jawa Semakin Meningkat

Adapun sejumlah saham yang dapat menjadi pilihan hari ini diantaranya SMGR, GGRM, BBCA, TLKM, BMRI, SMRA, KLBF.

Editor: Ramadhani