Rabu Pagi, IHSG Kembali Bergerak di Zona Hijau

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pembukaan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu 3 November 2021 kembali masuk zona hijau. IHSG menguat ke level 6.497 jika dibandingkan pada penutupan perdagangan kemarin yang ditutup melemah di level 6.493.

Dilansir dari data RTI, Rabu (3/11/2021), IHSG di awal pra perdagangan dibuka naik tipis 4,5 basis poin atau menguat 0,07 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09.00 WIB laju IHSG terus merangkak naik hingga level 6.504 atau telah menguat 0,17 persen. Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka menguat tipis, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 0,8 basis poin atau 0,10 persen ke posisi 934.

baca juga: IMF Beri Penilaian dan Rekomendasi Terkait Kebijakan Fiskal Indonesia

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 15 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 57 miliar dan volume transaksi mencapai 2,8 ribu kali. Sebanyak 188 saham menguat, 48 saham melemah dan 245 saham belum ditransaksikan.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mencermati, perkembangan pergerakan IHSG terlihat berada dalam rentang konsolidasi wajar. "Pola pergerakan IHSG masih akan diwarnai oleh sentimen dari harga komoditas," kata William dalam analisanya.

baca juga: Harga Minyak Dunia Terus Melejit, Terpicu Kekhawatiran Pasokan

Selain itu, William belum melihat adanya capital inflow secara signifikan yang mengalir ke dalam pasar modal, padahal akhir dari tahun 2021 telah di depan mata. Adapun pergerakan IHSG sejauh ini masih ditopang oleh stabilnya kondisi perekonomian. William pun memperkirakan IHSG akan cenderung tertekan pada perdagangan sepanjang hari ini.IHSG diprediksi bergerak di rentang 6.413 hingga 6.592. Beberapa saham yang bisa dicermati seperti BBNI, BBCA, BINA, SMRA, ASRI, PWON, ITMG, UNVR, dan INDF

Editor: Ramadhani