Bertahan Ditengah Pandemi, Penjual Salad Buah Tingkatkan Omsed dengan Inovasi dan Manfaatkan Digital Marketing

Putri Rani Sartika, Owner Salad Bowl & Victoria Secret Padang Bertahan di Tengah Pandemi
Putri Rani Sartika, Owner Salad Bowl & Victoria Secret Padang Bertahan di Tengah Pandemi (Ade Suhendra)

PADANG , KLIKPOSITIF - Pandemi COVID-19 masih terus berlangsung dan menghantui berbagai kalangan, termasuk perekonomian masyarakat yang terus mengalami penurunan. Salah satunya dirasakan oleh Putri Rani Sartika, pemilik Salad Bowl dan Victoria Secret Padang .

Saat ditemui di salah satu iven di Padang beberapa waktu, ia mengatakan pandemi COVID-19 ini sangat mempengaruhi usahanya. Wanita kelahiran, Padang 15 Mei 1991 yang dulunya seorang sales mobil ini mengaku merasakan penurunan omset pada saat pandemi bahkan 50 persen dari biasanya.

baca juga: Sukseskan Bulan K3 Nasional, PLN UIW Sumbar Gelar Bakti Sosial Donor Darah

"Namun saya berinisiatif untuk rebranding produk Salad Bowl Padang , sebab sebelumnya saya sempat larut karena situasi pandemi ini. Akhirnya setelah beberapa waktu saya bertekad Salad Bowl ini harus kembali stabil," kata Putri.

Ia menjelaskan hal pertama yang dilakukannya adalah memperbaiki sistem pemasaran dengan memanfaatkan strategi digital marketing. Sehingga ke depannya ia berharap Salad Bowl Padang miliknya kembali bangkit sebagai pioner salad buah pertama di Padang yang lebih menarik dan dikenal masyarakat.

baca juga: IMF Beri Penilaian dan Rekomendasi Terkait Kebijakan Fiskal Indonesia

"Pertama, saya mencoba mendorong pemasaran daring secara agresif dengan berkolaborasi dengan jasa gofood, shopeefood, grab food bahkan delivery langsung dengan kurir sampai kerumah konsumen. Kemudian membuat produk dan layanan yang higienis dengan menjunjung tinggi protokol kesehatan serta menjaga higienitas produk dan standard kebersihan diri agar menjamin keamanan produk ketika sampai ke konsumen," kata Putri.

Selain itu, ia juga membuat inovasi produk seperti dressing dan bahan-bahan yang relevan yang dapat mencegah virus dimana ada produk high vitamin dan immunity booster. Lebih lanjut, pandemi saat ini Yang mengharuskan orang tidak banyak berinteraksi langsung, membuatnya lebih memaksimalkan teknologi digital.

baca juga: Harga Minyak Dunia Terus Melejit, Terpicu Kekhawatiran Pasokan

"Untuk dapat menerapkan digital marketing, semua promosi saya arahkan ke penggunaan media sosial untuk pengembangan pangsa pasar dan produk kita semakin dikenal orang banyak. Untuk penjualan saladbowl sendiri kita melayani offline standcar di Jalan Patimura di samping KFC Ahmad Yani," ujarnya.

Sedangkan untuk pemesanan online, ia memanfaatkan media sosial yaitu melalui whatsapp dan DM instagram untuk delivery. Menurutnya, sejauh ini persentasi penjualan terbanyak selain online juga dibantu oleh transaksi offline.

baca juga: Pemerintah Diminta Segera Bayar Bulog, DPR: Harga Beras Jangan Seperti Minyak Goreng

"Selain salad bowl, saat ini saya juga membuka usaha Victoria Secret Padang yaitu menjual produk perawatan diri mulai dari body mist, body lotion, body cream, showergel, handgel, handcream, candle dan pewangi mobil serta berbagai produk lainnya. Tujuannya yaitu mencari peluang apa yang belum pernah ada sebelumnya karena storenya juga tidak ada di Kota Padang ," kata Putri

Saat awal membuka usaha Victoria Secret Padang , ia mengaku sempat membuat Salad Bowl vakum selama 2 bulan tidak ada offline store karena tengah mempersiapkan inovasi produk dan sistem layanan agar lebih baik lagi. Kemudian membagi waktunya untuk melayani konsumen saladbowlpadang dan victoria secretpadang dalam waktu yang bersamaan.

"Saya sangat suka berinteraksi langsung dengan konsumen dan saya bisa dapat terima keluhan dan kepuasan terhadap layanan kami. Hadirnya Victoria Secret Padang tujuannya untuk mempermudah pecinta bodycare dalam memenuhi kebutuhannya, apalagi saat ini konsumen menggemari produk yang ready stock dan siap kirim," katanya.

Hal itulah yang membuat Putri menyediakan gudang di rumahnya untuk stock barang yang tersedia di counter Jakarta tapi berada di Padang . Beberapa produk yang disediakannya di Victoria Secret Padang mulai dari body mist, body lotion, body cream, showergel, handgel, handcream, candle dan pewangi mobil yang akan membuat nyaman dan berikan wangi yang mengesankan bagi penggunanya.

"Kelebihannya konsumen bisa dapat langsung mengunjungi gudang saya agar dapat mencium dan memilih langsung. Jikapun konsumen menginginkan produk dan tidak ready maka saya menginfokan terlebih dahulu untuk merestocknya," ujarnya.

Ia mengatakan untuk mendapatkan Salad Bowl bisa datang ke Jalan Ahmad Yani dekat KFC dan Victoria Secret Padang bisa berbagi lokasi dengan menghubunginya via Instagram @victoriasecretpadang. Hadirnya Victoria Secret ini di Padang diharapkannya dapat mempermudah konsumen untuk memperoleh body care yang diinginkannya tanpa harus jauh ke jakarta atau menggunakan jasa titip.

"Apalagi dengan kondisi saat ini untuk bepergian masih di persulit dengan syarat penerbangan yang ditetapkan. Jadi, bisa langsung aja hubungi Victoria Secret Padang melalui media sosial yang ada," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri